Saturday, September 30, 2023

ENGLISH - LEVEL A1 - LISTENING - MODUL 10

 MODUL 10 : GETTING AN ID CARD


Langkah 1 
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya. 

Getting an ID Card

Langkah 2 
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. astikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan. 

SCRIPT/TEKS

Admin worker: International Student ID card?
Student: Yes, that’s right.
Admin worker: Have you got the form?
Student: Yes, here it is.
Admin worker: OK, let’s see. Name – Ahmed, surname – Saeed, age 14, address ... (pause) ... oh, what’s your address?
Student: 14 Spring Avenue …
Admin worker: 14 Spring Avenue ...
Student: Leicester.
Admin worker: Can you spell that, please?
Student: L-E-I-C-E-S-T-E-R.
Admin worker: What’s your postcode?
Student: LE 14 2GZ.
Admin worker: LE 14 2GS.
Student: No, 2GZ.
Admin worker: OK, 2GZ. And what’s your nationality?
Student: I’m British.
Admin worker: What’s your school?
Student: Newtown Secondary School. N-E-W-T-O-W-N.
Admin worker: And what’s your date of birth?
Student: The 2nd of June 1998.
Admin worker: 02/06/1998 (the second of the sixth, 1998). Have you got a photo?
Student: Yes, here you are.
Admin worker: Thank you. One moment, please ... (pause) ... and here’s your card.
Student: Thanks. Bye.

DAFTAR KATA

student ID card = kartu tanda pelajar
form = formulir
address = alamat
postcode = kode pos

surname = nama belakang

one moment = tunggu sebentar
date of birth = tanggal lahir
nationality = kebangsaan
here it is = ini dia

TRANSLATE/TERJEMAHAN

Pekerja admin: Kartu ID Pelajar Internasional?
Siswa : Ya, benar.
Pekerja Admin: Apakah Anda sudah mendapatkan formulirnya?
Siswa : Ya, ini dia.
Pekerja Admin: Oke, mari kita lihat. Nama – Ahmed, nama keluarga – Saeed, umur 14, alamat ... (jeda) ... oh, di mana alamatmu?
Siswa: 14 Spring Avenue …
Pekerja admin: 14 Spring Avenue ...
Siswa: Leicester.
Pekerja Admin: Bisakah Anda mengejanya?
Siswa: L-E-I-C-E-S-T-E-R.
Pekerja admin: Apa kode pos Anda?
Siswa: LE 14 2GZ.
Pekerja admin: LE 14 2GS.
Siswa: Tidak, 2GZ.
Pekerja admin: Oke, 2GZ. Dan apa kewarganegaraan Anda?
Siswa: Saya orang Inggris.
Pekerja admin: Di mana sekolahmu?
Siswa: Sekolah Menengah Newtown. N-E-W-T-O-W-N.
Pekerja admin: Dan tanggal lahirmu berapa?
Siswa: 2 Juni 1998.
Pekerja Admin : 02/06/1998 (tanggal kedua bulan keenam, 1998). Apakah kamu punya foto?
Siswa: Ya, ini dia.
Pekerja Admin: Terima kasih. Tunggu sebentar... (jeda)... dan ini kartu Anda.
Siswa: Terima kasih. Selamat tinggal.

Langkah 3 
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.

Langkah 4 
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda. 

Langkah 5 
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.

Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.

Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini. 
                            
KE MODUL YANG LAIN