Saturday, September 30, 2023

ENGLISH - LEVEL A1 - LISTENING - MODUL 18

 MODUL 18 : FINDING THE LIBRARY


Langkah 1 
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya. 

Finding The Library

Langkah 2 
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. astikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan. 


SCRIPT/TEKS

Student: Hi. Excuse me.
Student B: Yes?
Student: Where's the library?
Student B: The library? It's next to the registration office.
Student: Ah ... sorry, I'm new. Where's the registration office?
Student B: No problem. See the big building over there?
Student: Yes.
Student B: OK, so that's the lecture theatre. Next to that, on the right, is the registration office. And next to that is the library.
Student: I see. Thanks!
Student: Hello?
Librarian: Hello.
Student: Is this the library?
Librarian: Yes, it is. Quiet, please.
Student: Oh, sorry. Thank you.
Librarian: Can I help you?
Student: Er, yes, please. I want to borrow some books. What do I need?
Librarian: You need a library card. Here's the application form. You can take up to six books maximum today.
Student: OK. Six books.
Librarian: Yes. You have two weeks to read the books. Then you bring them back.
Student: And if I'm late?
Librarian: Every day you are late there is a fee of fifty pence.
Student: OK, 50p a day. Er, anything else?
Librarian: Mobile phones must be switched off in the library. You can bring your laptop, but please use headphones to watch videos or listen to music.
Student: OK, great.
Librarian: And you can't bring food or drink.
Student: No food, no drink. And ...?
Librarian: And please speak quietly! People are working here.
Student: Oh! Oh, OK. Thank you.
Librarian: You're welcome.

DAFTAR KATA

registration office = kantor registrasi
excuse me = permisi
next to = di sebelah
lecture theatre = ruang kuliah
building = bangunan
switched off = dimatikan
borrow = meminjam
over there = disana
quiet, please = jangan berisik

TRANSLATE/TERJEMAHAN

Siswa: Hai. Permisi.
Siswa B: Ya?
Siswa: Di mana perpustakaannya?
Siswa B: Perpustakaan? Letaknya di sebelah kantor pendaftaran.
Siswa : Ah…maaf, saya baru. Di mana kantor pendaftarannya?
Siswa B: Tidak masalah. Lihat gedung besar di sana?
Siswa: Ya.
Siswa B: Oke, jadi itu ruang kuliahnya. Di sebelahnya, di sebelah kanan, adalah kantor pendaftaran. Dan di sebelahnya ada perpustakaan.
Siswa: Saya mengerti. Terima kasih!
Siswa: Halo?
Pustakawan: Halo.
Siswa: Apakah ini perpustakaannya?
Pustakawan: Ya, benar. Harap Tenang.
Siswa : Oh, maaf. Terima kasih.
Pustakawan : Ada yang bisa saya bantu?
Siswa: Eh, ya, tolong. Saya ingin meminjam beberapa buku. Apa yang saya butuhkan?
Pustakawan: Anda memerlukan kartu perpustakaan. Berikut formulir pendaftarannya. Anda dapat mengambil maksimal enam buku hari ini.
Siswa: Oke. Enam buku.
Pustakawan: Ya. Anda punya waktu dua minggu untuk membaca buku. Kemudian Anda membawanya kembali.
Siswa: Bagaimana jika saya terlambat?
Pustakawan: Setiap hari Anda terlambat dikenakan biaya lima puluh pence.
Siswa: Oke, 50p sehari. Eh, ada lagi?
Pustakawan: Ponsel harus dimatikan di perpustakaan. Anda boleh membawa laptop, namun harap gunakan headphone untuk menonton video atau mendengarkan musik.
Siswa: Oke, bagus.
Pustakawan: Dan Anda tidak boleh membawa makanan atau minuman.
Siswa: Tidak ada makanan, tidak ada minuman. Dan ...?
Pustakawan: Dan tolong bicaralah dengan pelan! Orang-orang bekerja di sini.
Siswa : Oh! Oh oke. Terima kasih.
Pustakawan: Sama-sama.

Langkah 3 
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.

Langkah 4 
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda. 

Langkah 5 
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.

Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.

Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini. 
                            
KE MODUL YANG LAIN