MODUL 18 : FINDING THE LIBRARY
Langkah 1
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya.
Finding The Library
Langkah 2
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. astikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan.
SCRIPT/TEKS |
Student: Hi. Excuse me. Student B: Yes? Student: Where's the library? Student B: The library? It's next to the registration office. Student: Ah ... sorry, I'm new. Where's the registration office? Student B: No problem. See the big building over there? Student: Yes. Student B: OK, so that's the lecture theatre. Next to that, on the right, is the registration office. And next to that is the library. Student: I see. Thanks! Student: Hello? Librarian: Hello. Student: Is this the library? Librarian: Yes, it is. Quiet, please. Student: Oh, sorry. Thank you. Librarian: Can I help you? Student: Er, yes, please. I want to borrow some books. What do I need? Librarian: You need a library card. Here's the application form. You can take up to six books maximum today. Student: OK. Six books. Librarian: Yes. You have two weeks to read the books. Then you bring them back. Student: And if I'm late? Librarian: Every day you are late there is a fee of fifty pence. Student: OK, 50p a day. Er, anything else? Librarian: Mobile phones must be switched off in the library. You can bring your laptop, but please use headphones to watch videos or listen to music. Student: OK, great. Librarian: And you can't bring food or drink. Student: No food, no drink. And ...? Librarian: And please speak quietly! People are working here. Student: Oh! Oh, OK. Thank you. Librarian: You're welcome. |
DAFTAR KATA | |
registration office = kantor registrasi excuse me = permisi next to = di sebelah lecture theatre = ruang kuliah | building = bangunan switched off = dimatikan borrow = meminjam over there = disana quiet, please = jangan berisik |
TRANSLATE/TERJEMAHAN |
Siswa: Hai. Permisi. Siswa B: Ya? Siswa: Di mana perpustakaannya? Siswa B: Perpustakaan? Letaknya di sebelah kantor pendaftaran. Siswa : Ah…maaf, saya baru. Di mana kantor pendaftarannya? Siswa B: Tidak masalah. Lihat gedung besar di sana? Siswa: Ya. Siswa B: Oke, jadi itu ruang kuliahnya. Di sebelahnya, di sebelah kanan, adalah kantor pendaftaran. Dan di sebelahnya ada perpustakaan. Siswa: Saya mengerti. Terima kasih! Siswa: Halo? Pustakawan: Halo. Siswa: Apakah ini perpustakaannya? Pustakawan: Ya, benar. Harap Tenang. Siswa : Oh, maaf. Terima kasih. Pustakawan : Ada yang bisa saya bantu? Siswa: Eh, ya, tolong. Saya ingin meminjam beberapa buku. Apa yang saya butuhkan? Pustakawan: Anda memerlukan kartu perpustakaan. Berikut formulir pendaftarannya. Anda dapat mengambil maksimal enam buku hari ini. Siswa: Oke. Enam buku. Pustakawan: Ya. Anda punya waktu dua minggu untuk membaca buku. Kemudian Anda membawanya kembali. Siswa: Bagaimana jika saya terlambat? Pustakawan: Setiap hari Anda terlambat dikenakan biaya lima puluh pence. Siswa: Oke, 50p sehari. Eh, ada lagi? Pustakawan: Ponsel harus dimatikan di perpustakaan. Anda boleh membawa laptop, namun harap gunakan headphone untuk menonton video atau mendengarkan musik. Siswa: Oke, bagus. Pustakawan: Dan Anda tidak boleh membawa makanan atau minuman. Siswa: Tidak ada makanan, tidak ada minuman. Dan ...? Pustakawan: Dan tolong bicaralah dengan pelan! Orang-orang bekerja di sini. Siswa : Oh! Oh oke. Terima kasih. Pustakawan: Sama-sama. |
Langkah 3
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.
Langkah 4
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda.
Langkah 5
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.
Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.
Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini.