MODUL 20 : MEETING OTHER STUDENTS
Langkah 1
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya.
Meeting Other Students
Langkah 2
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. astikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan.
SCRIPT/TEKS |
Teacher: So, now you've got the important information, it's time to meet each other. Everyone turn to the people next to you and introduce yourselves. Cara: So, hi. I'm Cara. And you are? Robert: Robert. Selim: Selim. Cara: Nice to meet you! Robert and Selim: You too. Robert: Nice accent. Where are you from? Cara: I'm from Glasgow. Robert: Oh, really? My mum's from near Glasgow, so I'm half Scottish. Cara: Cool. Do you live in Scotland? Robert: No, we live in England, near Manchester. My dad's from there. What about you, Selim? Selim: I'm from Leeds originally but I grew up near London. Cara: Are you both doing history on its own? Selim: No. I'm doing history and German. Robert: I'm doing it with maths, actually. Selim: History and maths. That's different! Robert: Yeah, I couldn't decide between arts and sciences. Maths doesn't help with remembering dates, though! And you? Cara: I'm doing history and French. Selim: I wanted to do French but German was easier, so I took that. Cara: German is so hard! |
DAFTAR KATA | |
each other = satu sama lain meet = bertemu on its own = dengan sendirinya decide = memutuskan art/arts = seni | introduce = mengenalkan hitory = sejarah accent = logat date/dates = tanggal though = meskipun |
TRANSLATE/TERJEMAHAN |
Guru: Nah, sekarang kalian sudah mendapat informasi penting, saatnya bertemu satu sama lain. Semua orang menoleh ke orang di sebelah Anda dan memperkenalkan diri. Cara: Jadi, hai. Saya Kara. Dan Anda? Robert: Robert. Selim: Selim. Cara: Senang bertemu denganmu! Robert dan Selim: Anda juga. Robert: Aksen yang bagus. Asalmu dari mana? Cara: Saya dari Glasgow. Robert: Oh, benarkah? Ibuku berasal dari dekat Glasgow, jadi aku setengah Skotlandia. Kara: Keren. Apakah Anda tinggal di Skotlandia? Robert: Tidak, kami tinggal di Inggris, dekat Manchester. Ayahku berasal dari sana. Bagaimana denganmu, Selim? Selim: Saya awalnya berasal dari Leeds tetapi saya besar di dekat London. Cara: Apakah kalian berdua belajar sejarah saja? Selim: Tidak. Saya sedang belajar sejarah dan bahasa Jerman. Robert: Sebenarnya saya belajar dengan matematika. Selim: Sejarah dan matematika. Itu berbeda! Robert: Ya, saya tidak bisa memutuskan antara seni dan sains. Namun, matematika tidak membantu dalam mengingat tanggal! Dan kamu? Cara: Saya sedang belajar sejarah dan bahasa Prancis. Selim: Saya ingin belajar bahasa Prancis tetapi bahasa Jerman lebih mudah, jadi saya ambil itu. Cara: Bahasa Jerman sangat sulit! |
Langkah 3
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.
Langkah 4
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda.
Langkah 5
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.
Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.
Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini.