Saturday, September 30, 2023

ENGLISH - LEVEL A1 - LISTENING - MODUL 20

 MODUL 20 : MEETING OTHER STUDENTS


Langkah 1 
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya. 

Meeting Other Students

Langkah 2 
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. astikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan. 

SCRIPT/TEKS

Teacher: So, now you've got the important information, it's time to meet each other. Everyone turn to the people next to you and introduce yourselves.
Cara: So, hi. I'm Cara. And you are?
Robert: Robert.
Selim: Selim.
Cara: Nice to meet you!
Robert and Selim: You too.
Robert: Nice accent. Where are you from?
Cara: I'm from Glasgow.
Robert: Oh, really? My mum's from near Glasgow, so I'm half Scottish.
Cara: Cool. Do you live in Scotland?
Robert: No, we live in England, near Manchester. My dad's from there. What about you, Selim?
Selim: I'm from Leeds originally but I grew up near London.
Cara: Are you both doing history on its own?
Selim: No. I'm doing history and German.
Robert: I'm doing it with maths, actually.
Selim: History and maths. That's different!
Robert: Yeah, I couldn't decide between arts and sciences. Maths doesn't help with remembering dates, though! And you?
Cara: I'm doing history and French.
Selim: I wanted to do French but German was easier, so I took that.
Cara: German is so hard!

DAFTAR KATA

each other = satu sama lain
meet = bertemu
on its own = dengan sendirinya
decide = memutuskan
art/arts = seni
introduce = mengenalkan
hitory = sejarah
accent = logat
date/dates = tanggal
though = meskipun

TRANSLATE/TERJEMAHAN

Guru: Nah, sekarang kalian sudah mendapat informasi penting, saatnya bertemu satu sama lain. Semua orang menoleh ke orang di sebelah Anda dan memperkenalkan diri.
Cara: Jadi, hai. Saya Kara. Dan Anda?
Robert: Robert.
Selim: Selim.
Cara: Senang bertemu denganmu!
Robert dan Selim: Anda juga.
Robert: Aksen yang bagus. Asalmu dari mana?
Cara: Saya dari Glasgow.
Robert: Oh, benarkah? Ibuku berasal dari dekat Glasgow, jadi aku setengah Skotlandia.
Kara: Keren. Apakah Anda tinggal di Skotlandia?
Robert: Tidak, kami tinggal di Inggris, dekat Manchester. Ayahku berasal dari sana. Bagaimana denganmu, Selim?
Selim: Saya awalnya berasal dari Leeds tetapi saya besar di dekat London.
Cara: Apakah kalian berdua belajar sejarah saja?
Selim: Tidak. Saya sedang belajar sejarah dan bahasa Jerman.
Robert: Sebenarnya saya belajar dengan matematika.
Selim: Sejarah dan matematika. Itu berbeda!
Robert: Ya, saya tidak bisa memutuskan antara seni dan sains. Namun, matematika tidak membantu dalam mengingat tanggal! Dan kamu?
Cara: Saya sedang belajar sejarah dan bahasa Prancis.
Selim: Saya ingin belajar bahasa Prancis tetapi bahasa Jerman lebih mudah, jadi saya ambil itu.
Cara: Bahasa Jerman sangat sulit!

Langkah 3 
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.

Langkah 4 
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda. 

Langkah 5 
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.

Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.

Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini. 
                            
KE MODUL YANG LAIN