MODUL 8 : BAND AUDITION
Langkah 1
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini
walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya.
Band Audition
Langkah 2
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar
memahami isi audio tersebut. astikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan.
SCRIPT/TEKS |
Boy: Ah, band auditions. Great! I’d love to be in
a band! … Hi. Is this the band audition?
Girl: Hello. Yes. So, you’d like to be in our band? Boy: Yes, I love music. Girl: Well, we need a singer, a guitarist and a drummer. Boy: Oh, I love singing! Girl: OK, so you can sing. Let’s sing the beginning of this song. Boy: (singing) Tonight I’m going to have myself a real good time. I feel alive … Girl: Right, OK, mmm, maybe not. Can you play an instrument? Boy: Er, well, I can play the guitar a little. Girl: OK, let’s hear you. What can you play? ... That’s it? Boy: Er, yeah. I can’t remember any more. Girl: Erm, can you play the drums? Boy: Yeah, sure. Girl: OK! OK! STOP! That’s enough. Erm, what about the maracas? Can you play the maracas? Boy: Yes, I can. (singing) Young and strong and … er … Girl: Great, great! Hmm ... thanks for coming. I’ll call you next week. |
DAFTAR KATA |
|
audition = audisi
|
tonight = malam ini |
TRANSLATE/TERJEMAHAN |
Cowok: Ah, audisi band. Hebat! Saya ingin sekali berada di sebuah band! … Hai. Apakah ini audisi band? Gadis: Halo. Ya. Jadi, Anda ingin berada di band kami? Anak laki-laki: Ya, saya suka musik. Gadis: Baiklah, kita memerlukan seorang penyanyi, seorang gitaris dan seorang drummer. Anak laki-laki: Oh, aku suka menyanyi! Gadis: Oke, jadi kamu bisa bernyanyi. Mari kita nyanyikan bagian awal lagu ini. Anak laki-laki: (bernyanyi) Malam ini aku akan bersenang-senang. Saya merasa hidup … Gadis: Benar, oke, mmm, mungkin tidak. Bisakah kamu memainkan alat musik? Anak laki-laki: Eh, baiklah, saya bisa bermain gitar sedikit. Gadis: Oke, mari kita dengarkan. Apa yang bisa kamu mainkan? ... Itu dia? Anak laki-laki: Eh, ya. Saya tidak dapat mengingatnya lagi. Gadis: Eh, bisakah kamu bermain drum? Anak laki-laki: Ya, tentu saja. Gadis: Oke! OKE! BERHENTI! Cukup. Eh, bagaimana dengan maracas? Bisakah kamu memainkan maracas? Anak laki-laki: Ya, saya bisa. (bernyanyi) Muda dan kuat dan… eh… Gadis: Bagus, bagus! Hmm... terima kasih sudah datang. Saya akan menelepon Anda minggu depan. |
Langkah 3
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan
beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.
Langkah 4
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika
ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check
List untuk menandai aktivitas Anda.
Langkah 5
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan
kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda
dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran
grammar dan pengucapannya.
Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation).
Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman
pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.
Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar
menguasai Modul ini.