MODUL 9 : AT THE LIBRARY
Langkah 1
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini
walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya.
At The Library
Langkah 2
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar
memahami isi audio tersebut. astikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan.
SCRIPT/TEKS |
Lucy: Hello.
School librarian: Hello, what’s your name? Lucy: My name’s Lucy. School librarian: And what’s your surname, Lucy? Lucy: Moore. School librarian: Can you spell that? Lucy: M-O-O-R-E. School librarian: Thank you. What class are you in? Lucy: Class 1B. School librarian: Class 1B. And how old are you, Lucy? Lucy: I’m 13. School librarian: Have you got a photo? Lucy: Yes, here you are. School librarian: Thank you ... OK, thank you, Lucy. Here’s your school library card. Lucy: Thanks. Bye. School librarian: Goodbye. |
DAFTAR KATA |
|
surname = nama belakangphoto = foto/gambar librarian = pustakawan school = sekolah
|
spell = mengejacard = kartu here you are = ini dia library = perpustakaan
|
TRANSLATE/TERJEMAHAN |
Lucy: Halo. Pustakawan sekolah: Halo, siapa namamu? Lucy: Namaku Lucy. Pustakawan sekolah: Dan siapa nama belakangmu, Lucy? Lucy: Moore. Pustakawan sekolah: Bisakah kamu mengejanya? Lucy: M-O-O-R-E. Pustakawan sekolah: Terima kasih. Kamu di kelas apa? Lucy: Kelas 1B. Pustakawan sekolah: Kelas 1B. Dan berapa umurmu, Lucy? Lucy: umurku 13 tahun. Pustakawan sekolah: Apakah kamu punya foto? Lucy: Ya, ini dia. Pustakawan sekolah: Terima kasih...OK, terima kasih, Lucy. Ini kartu perpustakaan sekolahmu. Lucy: Terima kasih. Selamat tinggal. Pustakawan sekolah: Selamat tinggal. |
Langkah 3
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan
beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.
Langkah 4
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali.
Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check
List untuk menandai aktivitas Anda.
Langkah 5
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan
menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri.
Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil
menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.
Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing -
dictation). Langkah ini sangat penting untuk
melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian
menulis Bahasa Inggris.
Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar
menguasai Modul ini.