Saturday, September 30, 2023

ENGLISH - LEVEL A2 - LISTENING - MODUL 16

 MODUL 16 : FOUR CONVERSATIONS


Langkah 1 
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya. 

Four Conversations

Langkah 2 
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. Pastikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan. 

SCRIPT/TEKS

A
Man: How did it go?
Woman: Umm, I think it went quite well. I did a lot of research and prepared a lot. I was in
there for ... I don’t know ... half an hour?
Man: And? What did they say?
Woman: Nothing much. At the end I asked them, ‘What happens now?’, and the woman said,
‘We’ll call you back with news in three or four days.’
Man: Really?
Woman: Yeah, I think I’ve got the job. There weren’t a lot of other people there. I was the only
interview that day, you know?
Man: Well, good luck with it.

B
Man: Anyway, you were saying ...
Woman: Oh, yeah, um ... let’s see. Yes, so I was in the museum and there were, I don’t know, a
hundred people waiting to get into the room. Finally, I got in, and I tried to see the Mona Lisa
but I couldn’t look at it.
Man: Why not?
Woman: Because the room was filled with people taking photographs of it!
Man: Oh, right.
Woman: Yes! And selfies.
Man: Wait a minute. You can take photos while you’re in there?
Woman: Yes, but you can’t use flash. I don’t know ... Why do we take photos of everything we
see when we travel?
Man: I know. And we never look at the photos after.
Woman: Exactly! I’m tired of always taking photos. I don’t feel I’m enjoying things.

C
Man: Who took this?
Woman: I can’t remember. Hmmm ...
Man: What am I doing?
Woman: You’re sitting on the sofa, watching TV and eating chocolates. Nothing changes!
Man: Ha! Very funny. You look very young, though.
Woman: I know. Look at my hair – it was so long!
Man: Mine too, look at me! Hey ... I think I know who took this photo.
Woman: Umm ... who? Was it Dad?
Man: No, it wasn’t Dad or Mum. Do you remember Barry?
Woman: No.
Man: Yes, YES! You do remember. Barry, your boyfriend at high school. You were seventeen
and he was sixteen and he was so very polite: ‘Hello, I’m Barry. It’s very nice to meet you ...’
Woman: Stop it! He was nice.
Man: Yeah, well, he took the photo.

D
Woman: Let’s see. OK. I’m glad we could talk about this. It’s not easy to say.
Man: What?
Woman: Well, you’re not in our group – for the class project.
Man: What do you mean? You know I’m always in a group with you.
Woman: I know. It’s just that this time ... this time we made the group differently and because
you were late ...
Man: I see. You don’t want me in the group?
Woman: No, no. It isn’t that. It’s that we’ve already made the group, see? There’s four of us already.
Man: So? We can’t be a group of five?
Woman: Well, the teacher said four people per group.
Man: Oh.
Woman: It’s not about you or your work or anything like that. It’s ... errrr ... well, we already have the group.
Man: So I have to find another group.
Woman: I’m sorry.

DAFTAR KATA

quite well : cukup baik
differently : secara berbeda

research : riset

TRANSLATE/TERJEMAHAN

A
Pria: Bagaimana hasilnya?
Perempuan: (Tertawa) Umm, saya rasa berjalan cukup baik. Saya melakukan banyak riset dan mempersiapkan banyak hal. Aku berada di
di sana selama ... Saya tidak tahu ... setengah jam?
Dan? Apa yang mereka katakan?
Wanita: Tidak banyak. Pada akhirnya saya bertanya kepada mereka, 'Apa yang terjadi sekarang?", dan wanita itu berkata,
“Kami akan menelepon Anda kembali dengan berita dalam tiga atau empat hari.
Pria: Benarkah?
Wanita: Ya: Ya, saya pikir saya mendapatkan pekerjaan itu. Tidak banyak orang lain di sana. Aku adalah satu-satunya
wawancara hari itu, kau tahu?
Pria: Baiklah, semoga berhasil.

B
Pria: Lagi pula, Anda tadi bilang...
Wanita: Oh, ya, um ... mari kita lihat. Ya, jadi saya berada di museum dan ada, saya tidak tahu, seratus orang
seratus orang yang menunggu untuk masuk ke dalam ruangan. Akhirnya, saya masuk, dan saya mencoba untuk melihat Mona Lisa
tapi saya tidak bisa melihatnya.
Pria: Kenapa tidak bisa?
Wanita: Karena ruangan itu penuh dengan orang: Karena ruangan itu dipenuhi oleh orang-orang yang mengambil foto lukisan itu!
Pria: Oh, ya: Oh, benar.
Wanita: Ya! Ya! Dan selfie.
Tunggu sebentar. Anda dapat mengambil foto saat Anda berada di sana?
Wanita: Ya: Ya, tapi Anda tidak dapat menggunakan flash. Aku tidak tahu... Mengapa kita mengambil foto segala sesuatu yang kita
melihat ketika kita bepergian?
Aku tahu. Dan kita tidak pernah melihat foto-foto itu setelahnya.
Perempuan: (Terengah-engah) Tepat sekali! Aku lelah selalu mengambil foto. Aku tidak merasa aku menikmati sesuatu.

C
Pria: Siapa yang mengambil ini?
Wanita: Aku tidak ingat. Hmmm...
Pria: Apa yang saya lakukan?
Wanita: (Terengah-engah) Anda duduk di sofa, menonton TV dan makan cokelat. Tidak ada yang berubah!
Ha! Sangat lucu. Kau terlihat sangat muda.
Wanita: (Tertawa) Aku tahu. Lihatlah rambutku - panjang sekali!
Aku juga, lihat aku! Hei... Saya rasa saya tahu siapa yang mengambil foto ini.
Wanita: Umm ... siapa? Apa itu ayah?
Tidak, itu bukan Ayah atau Ibu. Apakah Anda ingat Barry?
Wanita: Tidak: Tidak.
Ya, YA! Kau ingat. Barry, pacarmu di SMA. Anda berusia tujuh belas tahun
dan dia enam belas tahun dan dia sangat sopan: 'Halo, saya Barry. Senang sekali bertemu denganmu...'
Wanita: Hentikan! Dia sangat baik.
Pria: Ya, dia yang mengambil fotonya.

D
Wanita: (Terengah-engah) Mari kita lihat. OKE. Aku senang kita bisa membicarakan hal ini. Tidak mudah untuk mengatakannya.
Apa?
Perempuan: Nah, Anda tidak dalam kelompok kami - untuk proyek kelas.
Apa maksudmu? Kau tahu aku selalu satu kelompok denganmu.
Wanita: Aku tahu: Aku tahu. Hanya saja kali ini ... kali ini kami membuat kelompok yang berbeda dan karena
Anda terlambat ...
Oh, begitu. Kau tidak ingin aku masuk dalam kelompok?
Wanita: Tidak: Tidak, tidak. Bukan itu. Ini adalah bahwa kita sudah membuat kelompok, lihat? Ada empat dari kita
sudah.
Jadi? Kita tidak bisa menjadi kelompok berlima?
Wanita: Ya: Guru bilang empat orang per kelompok.
Pria: (Tertawa kecil) Oh.
Wanita: Oh: Ini bukan tentang Anda atau pekerjaan Anda atau semacamnya. Ini ... errrr ... yah, kita sudah
memiliki kelompok.
Pria: Jadi saya harus mencari kelompok lain.
Wanita: (Terengah-engah) Maafkan aku.


Langkah 3 
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.

Langkah 4 
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda. 

Langkah 5 
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.

Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.

Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini. 
     
               
KE MODUL LAINNYA