MODUL 19 : MISSING A CLASS
Langkah 1
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya.
Missing A Class
Langkah 2
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. Pastikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan.
SCRIPT/TEKS |
Student: Excuse me, Ms Henderson? Teacher: Yes, Diana. How can I help you? Student: I’m sorry, but I can’t come to class next Wednesday. I have a doctor’s appointment. Teacher: OK. Thanks for letting me know. Student: Is there anything to do at home? Teacher: Let me just check my notebook. OK, first of all ... you need to read chapters 17, 19 and 20 in the book. There are also some articles and a video to watch – those are online. I’ll post the links online in the usual place. Student: Chapters 17 to 20. Teacher: Yes, except chapter 18. Chapters 17, 19 and 20. Student: Ah, OK. Um ... is there a deadline? Teacher: Yes, this Friday. But there’s something else. I was going to give you all a practice test. Student: A practice test? Teacher: Yes, to help people prepare for the mid-term exam. Student: Ah. All right. Teacher: Don’t worry, I can send you the practice test by email on Wednesday. Can you send it to me before Friday? Student: Sure, no problem. Teacher: And don’t forget to bring a certificate from the doctor to the office. Student: Thanks, Ms Henderson! I’ll do that. Teacher: You’re welcome, Diana. Take care. |
DAFTAR KATA | |
appointment : janji temu watch : menonton | chapters : bab |
TRANSLATE/TERJEMAHAN |
Murid: Permisi, Bu Henderson? Guru: Ya, Diana. Ada yang bisa saya bantu? Murid: Maaf, tapi aku tidak bisa masuk kelas Rabu depan. Saya ada janji dengan dokter. Guru: Baiklah. Terima kasih sudah memberitahukan saya. Murid: Apakah ada yang bisa dilakukan di rumah? Guru: Tidak ada: Biar saya periksa buku catatan saya. Oke, pertama-tama ... Anda perlu membaca bab 17, 19 dan 20 dalam buku ini. Ada juga beberapa artikel dan video untuk ditonton - semuanya ada di internet. Saya akan memposting tautan-tautan online di tempat yang biasa. Murid: Bab 17 sampai 20. Guru: Ya, kecuali bab 18. Bab 17, 19 dan 20. Murid: Ah, baiklah. Um ... apakah ada tenggat waktunya? Guru: Ya, Jumat ini. Tapi ada sesuatu yang lain. Aku akan memberikan kalian semua tes. Murid: Tes praktek? Guru: Ya, untuk membantu kalian mempersiapkan diri menghadapi ujian tengah semester. Murid: Ah. Baiklah. Guru: Jangan khawatir, saya bisa mengirimkan latihan soal melalui email pada hari Rabu. Dapatkah Anda mengirim kepada saya sebelum hari Jumat? Murid: Tentu, tidak masalah. Guru: Dan jangan lupa untuk membawa surat keterangan dari dokter ke kantor. Murid: Baiklah Terima kasih, Bu Henderson! Saya akan melakukannya. Guru: Sama-sama, Diana. Jaga dirimu. |
Langkah 3
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.
Langkah 4
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda.
Langkah 5
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.
Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.
Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini.
KE MODUL LAINNYA |