MODUL 20 : UNDERSTANDING AN EXPLANATION
Langkah 1
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya.
Understanding An Explanation
Langkah 2
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. Pastikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan.
SCRIPT/TEKS |
Professor: OK, before we continue, does anybody have a question? Oh, lots of questions, I see. OK, we’ll go one at a time. Yes? Student: Thank you. You talked about Fibonacci numbers in the lecture. Sorry, I don’t understand. Can you explain? Professor: Of course. What do you want to know? Student: OK ... I hope this isn’t a silly question, but what does Fibonacci actually mean? Professor: No question is ever silly – it’s always good to ask. OK, it’s the name of a person. Fibonacci was a European mathematician in the Middle Ages. Student: Ah, OK. Thanks. So, we know he was a person, but what are the Fibonacci numbers? I don’t get it. Professor: The Fibonacci numbers are a sequence of numbers. They go 1, 1, 2, 3, 5, 8 and so on. Do you see the sequence? Do you see how it works? Student: I’m not sure. Professor: OK. This is how it works. The first number is 1, then 1 again, then 2. The third number is the first number plus the second number. The fourth number is the second number plus the third number: 1 plus 2 is 3. The fifth number is the third number, 2, plus the fourth number, 3. So the fifth number in a Fibonacci sequence is 5. Student: Ah! I think I understand now. But what about their importance? You said these were very important. Professor: Yes, let me explain. This sequence of numbers is important because we see it in many things. Fibonacci numbers are common in geometry, they are common in nature, for example in plants. We see the sequence everywhere. Student: Could you give us some more examples? Professor: OK ... well, we don’t have time right now but I can bring more examples in for next class, OK? |
DAFTAR KATA | |
question : pertanyaan silly : konyol sequence : barisan/urutan | understand : mengerti middle ages : abad pertengahan |
TRANSLATE/TERJEMAHAN |
Profesor: Oke, sebelum kita lanjutkan, apakah ada yang punya pertanyaan? Oh, banyak pertanyaan, saya lihat. Baiklah, kita akan membahasnya satu per satu. Ya? Mahasiswa: Terima kasih. Anda berbicara tentang angka Fibonacci dalam kuliah. Maaf, saya tidak mengerti. Bisakah Anda jelaskan? Profesor: Tentu saja. Apa yang ingin kau ketahui? Mahasiswa: Baiklah... Saya harap ini bukan pertanyaan konyol, tapi apa arti Fibonacci sebenarnya? Profesor: Tidak ada pertanyaan yang konyol - selalu baik untuk ditanyakan. Baiklah, itu adalah nama seseorang. Fibonacci adalah seorang ahli matematika Eropa di Abad Pertengahan. Mahasiswa: Ah, OK. Terima kasih. Jadi, kita tahu dia adalah seseorang, tapi berapa angka Fibonacci? Saya tidak mengerti. Profesor: Bilangan Fibonacci adalah urutan angka. Mereka pergi 1, 1, 2, 3, 5, 8 dan seterusnya. Apakah Anda melihat urutannya? Apakah Anda melihat cara kerjanya? Mahasiswa: Saya tidak yakin. Profesor: Baiklah. Ini adalah cara kerjanya. Angka pertama adalah 1, lalu 1 lagi, lalu 2. Angka ketiga adalah angka pertama ditambah angka kedua. Angka keempat adalah angka kedua ditambah angka ketiga: 1 ditambah 2 adalah 3. Angka kelima adalah angka ketiga, 2, ditambah angka keempat, 3. Jadi angka kelima dalam deret Fibonacci adalah 5. Siswa: Ah! Saya rasa saya sudah mengerti sekarang. Tapi bagaimana dengan kepentingannya? Anda mengatakan ini sangat penting. Profesor: Ya, mari saya jelaskan. Urutan angka ini penting karena kita melihatnya dalam banyak hal. Bilangan Fibonacci umum digunakan dalam geometri, mereka umum di alam, misalnya misalnya pada tanaman. Kita melihat deret ini di mana-mana. Mahasiswa: Bisakah Anda memberi kami beberapa contoh lagi? Profesor: OK ... baiklah, kita tidak punya waktu sekarang tapi saya bisa memberikan lebih banyak contoh untuk kelas berikutnya, oke? |
Langkah 3
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.
Langkah 4
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda.
Langkah 5
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.
Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.
Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini.
KE MODUL LAINNYA |