Saturday, September 30, 2023

ENGLISH - LEVEL A2 - LISTENING - MODUL 6

 MODUL 6 : STOP WASTING TIME


Langkah 1 
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya. 

Stop Wasting Time

Langkah 2 
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. Pastikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan. 

SCRIPT/TEKS

Tom: I don't know what to do. I start off studying but I always end up doing something else.
Mum: I’ll help you but please listen to me.
Tom: Of course! Go on!
Mum: Now first, you need to take away all of the things that stop you working.
Tom: What do you mean?
Mum: First, turn off your music. Music doesn’t help you study.
Tom: OK. No music.
Mum: And put the dog outside!
Tom: What?
Mum: Well, every time the dog goes into your room, you stop studying to pat it. Spot stops you working!
Tom: OK. Bye, Spot!
Mum: Have an apple and a glass of water on your desk before you start. Here you are.
Tom: Why?
Mum: Because then you don’t need to go to the kitchen for something to eat or drink.
Tom: OK.
Mum: Turn off your phone.
Tom: No way!
Mum: Yes. It stops you working. If you turn it off, it’s easier to concentrate. You can read your messages later.
Tom: OK, but I can’t turn off the internet on my computer. I need it to look up information.
Mum: OK, but you can turn off your instant messages.
Tom: I know! Mum?
Mum: Yes?
Tom: Thanks.

DAFTAR KATA

study : belajar
help : membantu
pat : mengelus
easier : lebih mudah
take away : membawa pergi
turn off : matikan
desk : meja

TRANSLATE/TERJEMAHAN

Tom: Saya tidak tahu harus berbuat apa. Saya mulai belajar tetapi pada akhirnya saya selalu melakukan hal lain. 

Ibu: Aku akan membantumu, tapi tolong dengarkan aku. 

Tom: Tentu saja! Lanjutkan! 

Ibu: Sekarang, pertama-tama, kamu harus menyingkirkan semua hal yang menghambatmu bekerja. 

Tom: Apa maksudmu? 

Ibu: Pertama, matikan musikmu. Musik tidak membantu Anda belajar. 

Tom: Oke. Tidak ada musik. 

Ibu: Dan letakkan anjingnya di luar! 

Tom: Apa? 

Ibu: Ya, setiap kali anjing masuk ke kamarmu, kamu berhenti belajar untuk menepuknya. Spot menghentikan Anda bekerja! 

Tom: Oke. Sampai jumpa, Spot! 

Ibu: Siapkan sebuah apel dan segelas air di mejamu sebelum kamu mulai. Ini dia. 

Tom: Kenapa? 

Ibu: Karena dengan begitu kamu tidak perlu pergi ke dapur untuk makan atau minum. 

Tom: Oke. 

Ibu: Matikan teleponmu. 

Tom: Tidak mungkin! 

Ibu: Ya. Itu menghentikan Anda bekerja. Jika Anda mematikannya, lebih mudah untuk berkonsentrasi. Anda dapat membaca pesan nanti.

 Tom: Oke, tapi saya tidak bisa mematikan internet di komputer saya. Saya membutuhkannya untuk mencari informasi. 

Ibu: Oke, tapi kamu bisa mematikan pesan instanmu. 

Tom: Saya tahu! bu?

Ibu: Ya? 

Tom: Terima kasih.


Langkah 3 
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.

Langkah 4 
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda. 

Langkah 5 
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.

Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.

Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini. 
     
               
KE MODUL LAINNYA