Sunday, October 1, 2023

ENGLISH - LEVEL B2 - LISTENING - MODUL 13

MODUL 13 : WHAT KIND OF STUDENT ARE YOU?


Langkah 1 
Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya. 

What Kind Of Student Are You?

Langkah 2 
Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar memahami isi audio tersebut. astikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan. 

SCRIPT/TEKS

Teacher:
Are you all sitting comfortably? We’re going to do a short quiz called ‘What kind of student are you?’ I want you to listen carefully and think about your responses. Then I want you to write your answers in your notebook. Please be sincere! Nobody is going to look at your answers. When we complete the quiz I’ll read out the results and you can think about them carefully for a few minutes in private. You need a pen and a blank page in your notebook. OK, pay attention, please.

One. When do you usually get to school?
a) Early, you like to have extra time ‘just in case’ something crops up.
b) You always turn up just in time, as the bell rings.
c) You often get to school late, out of breath from rushing.
Two. When do you usually do your homework?
a) As soon as you get it. The same evening.
b) A day or two before you have to hand it in.
c) The same day you hand it in. Sometimes it’s late.
Three. What is your average mark in tests?
a) You usually do well and get seventy-five per cent or higher.
b) You usually pass tests but your marks are near to fifty or sixty per cent.
c) Your marks are often below fifty per cent.
Four. What kind of a relationship do you have with the staff at school?
a) Great! You get on well with most of the academic staff.
b) Not bad. You have a good relationship with some members of staff.
c) Dreadful. In general you don’t get on with teachers.
Five. Where do you usually sit in class?
a) Usually at the front so you can see the board easily.
b) Somewhere in the middle so you can daydream unnoticed.
c) Near the back so you can turn on your mobile without being seen.
Six. What do you want to do when you finish school?
a) Carry on studying at university or college.
b) You don’t know yet. It depends on your exam results.
c) Look for a job and start earning your own money. You’ll be fed up with studying by then.

OK. Now look at your answers and count the number of As, Bs and Cs. Then I’ll read out the results. Are you ready?
If you have mostly As, you are an exceptional student. You are mature and you have a superb attitude towards your studies. You definitely grasp the importance of a good education.
If you have mostly Bs, you are an average student, but you are capable of much more and it isn’t too late to improve and become an excellent student. You just need to make a few changes to your habits.
If you have mostly Cs, you really need to adjust your outlook. You waste your time and you are at risk of finishing school without any qualifications. Think about your behaviour and consider making some changes before it’s too late.

DAFTAR KATA



TRANSLATE/TERJEMAHAN

Guru:
Apakah Anda semua duduk dengan nyaman? Kita akan mengadakan kuis singkat berjudul ‘Siswa seperti apa kamu?’ saya 
ingin Anda mendengarkan baik-baik dan memikirkan tanggapan Anda. Lalu saya ingin Anda menulis jawaban Anda di buku catatan. Harap jujur! Tidak ada yang akan melihat jawaban Anda. Saat kita menyelesaikan kuisnya, saya akan bacakan hasilnya dan Anda dapat memikirkannya dengan cermat selama beberapa menit secara pribadi. Anda membutuhkan pena dan halaman kosong di buku catatanmu. Oke, mohon diperhatikan.

Satu. Kapan biasanya kamu berangkat ke sekolah?
a) Lebih awal, Anda ingin memiliki waktu ekstra 'berjaga-jaga' jika terjadi sesuatu.
b) Anda selalu muncul tepat pada waktunya, saat bel berbunyi.
c) Anda sering sampai ke sekolah terlambat, kehabisan napas karena terburu-buru.
Dua. Kapan biasanya Anda mengerjakan pekerjaan rumah?
a) Segera setelah Anda mendapatkannya. Di malam yang sama.
b) Satu atau dua hari sebelum Anda harus menyerahkannya.
c) Pada hari yang sama saat Anda menyerahkannya. Terkadang terlambat.
Tiga. Berapa nilai rata-rata Anda dalam ujian?
a) Anda biasanya melakukannya dengan baik dan mendapat tujuh puluh lima persen atau lebih tinggi.
b) Anda biasanya lulus ujian tetapi nilai Anda mendekati lima puluh atau enam puluh persen.
c) Nilai Anda sering kali di bawah lima puluh persen.
Empat. Hubungan seperti apa yang Anda miliki dengan staf di sekolah?
a) Hebat! Anda bergaul dengan baik dengan sebagian besar staf akademik.
b) Lumayan. Anda memiliki hubungan yang baik dengan beberapa anggota staf.
c) Mengerikan. Secara umum Anda tidak cocok dengan guru.
Lima. Di mana biasanya kamu duduk di kelas?
a) Biasanya di bagian depan agar papan mudah terlihat.
b) Di suatu tempat di tengah-tengah sehingga Anda dapat melamun tanpa disadari.
c) Dekat bagian belakang sehingga Anda dapat menghidupkan ponsel Anda tanpa terlihat.
Enam. Apa yang ingin kamu lakukan setelah selesai sekolah?
a) Melanjutkan belajar di universitas atau perguruan tinggi.
b) Anda belum mengetahuinya. Itu tergantung pada hasil ujian Anda.
c) Carilah pekerjaan dan mulailah menghasilkan uang sendiri. Anda akan bosan belajar saat itu.

OKE. Sekarang lihat jawabanmu dan hitung jumlah A, B, dan C. Lalu saya akan membacakan hasilnya. Apakah kamu siap?
Jika nilai Anda sebagian besar A, Anda adalah siswa yang luar biasa. Anda sudah dewasa dan memiliki sikap yang luar biasa terhadap studi Anda. Anda pasti memahami pentingnya pendidikan yang baik.
Jika nilai Anda sebagian besar adalah B, berarti Anda adalah siswa biasa-biasa saja, namun Anda mampu melakukan lebih banyak hal dan belum terlambat untuk berkembang dan menjadi siswa yang unggul. Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan pada kebiasaan Anda.
Jika Anda kebanyakan memiliki C, Anda benar-benar perlu menyesuaikan pandangan Anda. Anda membuang-buang waktu dan berisiko menyelesaikan sekolah tanpa kualifikasi apa pun. Pikirkan tentang perilaku Anda dan pertimbangkan untuk melakukan beberapa perubahan sebelum terlambat.

Langkah 3 
Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.

Langkah 4 
Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali. Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check List untuk menandai aktivitas Anda. 

Langkah 5 
Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri. Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.

Langkah 6
Mendengarkan sambil menulis (writing - dictation). Langkah ini sangat penting untuk melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian menulis Bahasa Inggris.

Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar menguasai Modul ini. 
 
KE MODUL LAINNYA